Sinergiratorindonesia

Sinergiratorindonesia
Tour Travel Adventure Organizer Indonesia

5 CURUG DI SENTUL |LEUWI HEJO|BARONG|CEPET|LIYEK|KEMBAR

curug leuwi hejo sentul bogor
curug leuwi hejo sentul
5 curug dan Lahan Camping Ground di Daerah Sentul (wangun cileungsi)
curug leuwi Hejo,Curug barong,Curug Leuwi Cepet,curug cepet, curug kembar.

AIR TERJUN SENTUL BOGOR -CURUG SENTUL-GREEN CANYON BOGOR
LMDH SENTUL -BOGOR

lokasi wisata 5 air terjun /curug sentul bogor atau yang sering disamakan dengan lokasi wisata di daerah ciamis dengan sebutan nama green canyon Bogor karena kemiripan dari warna air sungai dan kontur area di daerah sentul ini pertama kali di buka untuk umum oktober 2014. Lokasi nya ada di daerah kampung Wangun Cileungsi Bogor.
Akses ke arah 5 curug ini mudah sekali karena berdekatan dengan pintu masuk lokasi wisata JUNGLE LAND di daerah sentul Bogor. Bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda 4. Wisata Curug di daerah  sentul ini sekarang sangat di minati masyarakat baik dari daerah Bogor dan dari luar daerah,  kurang lebih ribuan orang datang berwisata di sini setiap week end, sabtu dan mingu. Lokasi wisata di padati oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.Keculai di hari biasa, hanya ratusan wisatawan yang datang.

Di kelola oleh  LMDH  kepanjangan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan yaitu sebuah organisasi kemasyarakatan di bawah bimbingan Perhutani Resort babakan madang Bogor.LMDH Sentul ini mengelola lokasi wisata air terjun sebesar  kurang lebih 4,5 hektar zona coverage nya,di ketuai oleh H.Suhaeri sebagai pimpinan LMDH.
KORLAP (koordinator Lapangan)  yang akrab di sapa kang Budi
Korwis (koordinator wisata) Machpud yang biasa di panggil /kang mitun
air terjun-curug -green canyon bogor
GREEN CANYON BOGOR AIR TERJUN CURUG SENTUL
air terjun-curug -green canyon bogor
air terjun-curug -green canyon bogor
Aliran sungai yang mengalir di 5 curug ini  adalah aliran sungai dari gunung datar kole dan gunung Kuta (biasa masyarakat desa menyebutnya)
lokasi wisata 5 curug ini dikelilingi gunung leutik,dan gunung pasir peteuy.
nyi blorong dan mbah jambrong ada juga mbah uyud marsinah  sangat kental kaitanya dengan mitologi di daerah ini sebagai karuhun,kata warga kampung biasa menyebutnya.
 Mah uyud marsinah kuburuanya pun masih ada sampai sekarang  di sekitar curug leuwi hejo.


CURUG AIR TERJUN SENTUL-GREEN CANYON BOGOR
curug sentul-green canyon bogor

Sejarah awal
pada mula nya cerita berawal dari  semakin banyak jumlah pengunjung yang datang dari luar daerah wangun cilengsi yang sekedar datang dan berwisata atau mandi di lokasi  curug leuwi Hejo, masyarakat resah dgn sampah yang di tinggalkan,hari ke hari semakin banyak, siapa yang harus bertanggung jawab? sementara warga sekitarlah yang akan terkena langsung dampak nya.
Ada 6 orang warga desa karang tengah kampung wangun cileungsi,.yang memiliki inisiatif bagus,mereka mecoba membangun pos untuk ticketing tujuanya adalah untuk mengumpulkan uang dari per parkiran yang akan di gunakan untuk memelihara, mulai dari kebersihan, kerapihan, serta ke asrian curug-curug ini.Salah satu di antara 6 orang tersebut  adalah yang sekarang menjadi Korwis LMDH skarang yaitu kang mitun. Area wisata ini sempat di tutup oleh Perhutani,kata kang mitun karena memang tidak memiliki izin yang jelas sebagai pengelola. Akhirnya kembali di buka untuk umum setelah di ambil alih dan di kelola oleh LMDH,sampai dengan sekarang swadaya masyrakat dan LMDH bahu membahu membangun desa nya menjadi salah satu wisata air terjun di daerah Bogor.Karena memang 5 curug ini sangat potensial sekali dan juga bisa menjadi alternatif pilihan berwisata yang lokasi nya dekat dengan kota besar seperti jakarta.

Di bawah ini adalah keterangan singkat dari 5 curug di daerah sentul yang di kelola oleh LMDH
Disusun berdasarkan dari ketinggian.

1.curug leuwi Hejo
dalam bahasa sunda adalah aliran kolam  hijau
Pada awalnya peduduk sekitar menyebutnya curug bengkok,lama kelamaan berubah nama menjadi Leuwi Hejo.Curug leuwi Hejo merupakan curug paling pertama atau terdekat yang bisa di jumpai di antara 4 curug yang lainya.Sehingga curug leuwi Hejo merupakan curug paling padat dan paling terkenal di kunjungi oleh wisatawan, padahal masih ada 4 curug lainya yang lebih bagus di atas curug leuwi Hejo.

2.curug Barong
curug yang seperti aliran ular naga, makanya masyarakat kampung sekitar menyebut nya dengan nama curug barong

3.curug leuwi cepet
di sebut dengan nama cepet, dalam bahasa indonesia artinya terjepit.atau terhimpit. Karena memang curug ini di himpit oleh bebatuan.Aliran sungai sepanjang kurang lebih 2 km, bisa di jadikan olah raga mini rafting/tubbing.

4.Curug leuwi liyek
Di sebut curug Lewi liyek, karena curug ini memiliki banyak lekukan atau patahan, liyek dalam bahasa indonesia artinya adalah lekukan.

5.curug kembar
Disebut curug kembar, memang karena curug nya ada 2 aliran,sehingga di sebut curug kembar
Curug kembar ini merupakan curug paling tertinggi di di antara curug lainya perjalanan hampir kurang lebih 2 jam dengan jalan kaki dari lokasi start awal (pos ticketing).


"Kami dari LMDH bekerja sama dengan PERHUTANI babakan madang-sentul dan masyarakat berupaya dari hari ke hari memperbaiki infrastruktur akses jalan dan sarana pendukung lainya, serta kutipan liar atau pungli di luar LMDH agar wisatawan lebih nyaman berkunjung ke lokasi wisata curug di sentul ini ,kedepanya akan ada lahan -lahan wisata tambahan seperti sarana camping ground,outbound untuk wisatawan yang menginap di sekitar curug sentul ini dan akan dibuka untuk umum secepatnya"ucap kang Budi sebagai Korlap LMDH


Terima kasih,


Penulis,
 roy Sinergirator
5 curug di sentul curug leuwi Hejo,Curug barong,Curug Leuwi Cepet,curug cepet, curug kembar.
air terjun-curug -green canyon bogor


info mengenai paket tour murah tanjung lesung banten silahkan click link di bawah ini :
paket tour murah tanjung lesung banten


Mengenai Saya

Foto saya
tour adventure gathering party

PANTAI ASRI NAN ALAMI CIBIUK TANJUNG LESUNG BANTEN

click dibawah ini untuk wa dgn admin